SEDIA KOSTUM BERAGAM TARI DAN ADAT

SEMANGAT KAMI TIADA HENTI DAN BUDAYA KAMI TAK AKAN MATI!

Rabu, 11 Maret 2015

Sanggar Tari Sahwahita

SANGGAR TARI “SAHWAHITA
BRAJAN RT.2/V KALIANCAR
SELOGIRI-WONOGIRI
JAWA TENGAH

Berdasarkan pengamatan kami selama ini, perlu didirikan dan dikembangkan suatu wadah berupa “Sanggar Tari”. Hal ini dikarenakan, banyaknya potensi dari lingkungan masyarakat  yang dapat kita kembangkan di Kecamatan Selogiri ini, baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa yang memiliki kemampuan di bidang Seni, khususnya bidang Seni Tari.

Sanggar Tari merupakan suatu wadah untuk kegiatan di bidang Seni Tari yang ada di lingkungan masyarakat. Sanggar Tari juga merupakan suatu sarana yang menghantar cakrawala pengetahuan dan ketrampilan di bidang seni Tari, serta dapat meningkatkan potensi diri melalui, kegiatan yang menuntut adanya kreatifitas, membangun pengetahuan dan berfikir mandiri untuk menghasilkan karya seni.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka kami selaku pengurus Sanggar Tari Sahwahita,  mengusulkan untuk mendirikan sebuah Sanggar Tari sebagai pusat kegiatan di Kecamatan Selogiri. Kegiatan ini tentunya diharapkan akan membawa manfaat yang positif dan kemajuan budaya.

Sanggar Tari  Sahwahita adalah satu-satunya organisasi di bidang seni terutama di bidang Seni Tari Tradisonal. Dalam perjanannya, Sanggar Tari Sahwahita yang di deklarasikan pada Februari 2012 senantiasa berupaya menjadi wadah berkreasi dan berapresiasi, dan yang perlu kita sadari bahwa Sangggar Tari Sahwahita memberikan andil penting bagi pembelajaran untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, menyenang­kan dan berkebudayaan. Melalui Sangggar Tari Sahwahita,dapat mengembangkan potensi diri serta bakat yang dimiliki oleh setiap pribadi.


Salah satu bentuk program Sangggar Tari Sahwahita yang akan dilakukan adalah kegiatan-kegiatan di bidang seni budaya. Program ini digulirkan dalam rangka mendorong dan memotivasi untuk mempelajari Seni Tari lokal maupun luar daerah. Melalui program ini diharapkan dapat lebih mengenal, mencintai, sekaligus melestarikan nilai-nilai seni budaya lokal yang kita miliki di daerah, untuk mengimbangi semakin maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat saat ini.

Bagi teman-teman yang ingin bergabung, kami selalu terbuka untuk siapa saja. Mari bersama-sama membangun kesenian Negeri kita. Kita lestarikan segala warisan kebudayaan dari nenek moyang kiat. Kita banggakan mereka. Kalau bukan kita siapa lagi?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar