SEDIA KOSTUM BERAGAM TARI DAN ADAT

SEMANGAT KAMI TIADA HENTI DAN BUDAYA KAMI TAK AKAN MATI!

Minggu, 15 Maret 2015

Sanggar Tari Sahwahita, Kenali Kami....


Setelah pementasan dalam rangka Perayaan Satu Tahun Kelompok Lamsia Brajan. Latihan rutin tetap berlanjut. Alhamdulillah, peminat di dunia tari semakin banyak. Untuk materi kedua saya mengajarkan Tari Kidang untuk kelompok putri dan Tari Jaranan untuk kelompok Putra.

Kami berlatih hanya di halaman rumah salah satu warga Brajan, beliau adalah Hj Antun pemilik dari rumah yang halamannya kami pakai. Kami dipersilahkan mempergunakan halaman untuk kegiatan latihan menari. Walau tak terjun langsung beliau sangat mendukung kegiatan baik kami. Kami sangat bersyukur masih ada orang yang peduli dengan kebudayaan negeri ini.

Halaman tempat kami latihan
Tanpa atap kami berlatih di bawah terik sinar matahari.Kalau sudah musim hujan kami selalu bingung. Penuh dengan pertaanyaan mau latihan di mana? Kadang pilihan terakhir harus meliburkan anak-anak, Ini hal yang sangat menyedihkan. Tapi tak ada kata mengeluh. Karena kami semangat berkesenian. Kami berharap ada beberapa orang lagi yang peduli dengan kami.

Pementasan ke-2. Kami membawa anak-anak pentas tari di Museum Ibu Tien Jaten Karanganyar. Kebetulan setiap tanggal kelahiran Ibu Tien atau dalam bahasa jawa disebut weton, di museum ini di adakan acara Wayang Kulit Semalam suntuk. Biasanya kami para pelatih atas perintah beliau, Bp H BegugPurnomosidi juga sebagai Dalang, memerintahkan kami untuk ikut mengisi acara pembukaan dengan Tari Bedaya dan Tari Kreasi kolaborasi wayang. Tapi untuk kesempatan ini kami lebih memilih anak-anak dengan tujuan agar mereka bisa belajar. Belajar apapun yang terbaik yang bisa diambil dari pementasan ini.
        
Pementasan ini kami memberikan perfom Tari Kidang dan Tari Rampak. Teringat anak-anak yang dulu kami ajarkan sekarang sudah beranjak remaja. Ada yang masih meneruskan menari ada pula yang sudah vakum dengan menari. 

Tari Rampak
KIDANG TALUN PANGANANE
JAGUNG LAWAN LEMBAYUNG
SABANE TURUT LURUNG
AMONG ANGU PADI BANYU
WULU KUNING AWAK LANGSING
YEN MLAKU MILANG-MILING
E LAMUN LUMAYU PLASATAN KADULUU

Tari Kidang

 Kecerian penuh kecerian, diam-diam kami memberanikan diri untuk mohon bantuan kostum dari Sanggar Darma Giri Budaya, salah satu Sanggar yang sukses di daerah Kota Wonogiri. Saat itu kami meminjam kostum tanpa dengan membayar uang sewa kostum, karena kami memang baru rintisan belum ada pemasukan untuk mengadakan pembiayaan kostum dan lain-lain. Terima kasih Sanggar Darma Giri Budaya

After perfom

Tim Pelatih dan Perias

Tidak ada komentar:

Posting Komentar